Kampus Ku

Jun 26, 2010

Kajian Usability Levelupshop.com (part 1)

Tugas ini terdiri menjadi beberapa bagian: (levelupshop.com)
Part 1 : Pendahuluan
Part 2 : Evaluasi Heauristik 1-5
Part 3 : Evaluasi Heuristik 6-10
Part 4 : Penutup

PENDAHULUAN



Defini Usability
Usability adalah istilah yang dipakai untuk menjelaskan kemudahan yang didapat seseorang dalam menggunakan sebuah alat atau obyek ciptaan manusia lainnya dalam mencapai sebuah tujuan. Pada analisis kali ini akan dilakukan pengkajian dari segi usability untuk mengetahui seberapa mudah situs dapat digunakan untuk menyelesaikan task-task yang ada.
Mengapa Usability Penting?

Web Usability merupakan cerminan dari kebiasan yang umumnya dilakukan pengguna situs. Menurut pakar usability, Jakob Nielsen, memperhatikan usability sangat penting agar sebuah situs dapat bertahan. Situs yang memiliki usability tinggi memiliki peluang untuk lebih sering dikunjungi. Umumnya pengguna ingin mendapatkan informasi secara cepat dan jika sebuah situs gagal dalam menunjukkan secara jelas apa yang dapat dilakukan dengan situs tersebut, pengguna cenderung akan langsung meninggalkan situs dan beralih ke situs lain.
Web Usabilty
Web usablity merupakan bahasan yang menarik untuk dikaji. Pernahkah anda masuk ke sebuah website lalu anda bingung harus berbuat apa? Hal tersebut adalah user experience dari web usability. Web usability merujuk kepada seberapa cepat seseorang belajar untuk menggunakan sesuatu, seberapa efisien penggunaannya, seberapa lama dapat diingat, berapa kesalahan yang dilakukan, dan berapa lama seseorang suka untuk menggunakannya (Jakob Nielsen,Prioritizing Web Usability).
Bagaimana mengukur Usability?
Secara umum cara mengukur dan menilai usability sebuah situs bersifat relatif dan bergantung pada bagaimana pengguna dapat menyelesaikan sekumpulan task. Menurut Jakob Nielsen terdapat beberapa ukuran umum yang dapat dijadikan patokan dalam mengukur usability, yakni:
a. Learnability
Learnability menjelaskan tingkat kemudahan pengguna untuk memenuhi task-task dasar ketika pertama kali mereka melihat/menggunakan hasil perancangan.
b. Efficiency
Efficiency menjelaskan tingkat kecepatan pengguna dalam menyelesaikan task-task setelah mereka mempelajari hasil perancangan.
c. Memorability
Memorability menjelaskan tingkat kemudahan pengguna dalam menggunakan rancangan dengan baik, setelah beberapa lama tidak menggunakannya.
d. Errors
Errors menjelaskan jumlah error yang dilakukan oleh pengguna, tingkat kejengkelan terhadap error dan cara memperbaiki error.
e. Satisfaction
Satisfaction menjelaskan tingkat kepuasan pengguna dalam menggunakan rancangan.
Tujuan utama dari Usability adalah:
  • Efektif digunakan
  • Efisien digunakan
  • Aman digunakan
  • Punya utility yang baik
  • Mudah dipelajari
  • Mudah diingat bagaimana menggunakannya
Sebuah web dengan usability yang buruk akan ditinggalkan oleh penggunanya. Berikut ini adalah beberapa kondisi yang akan membuat pengguna meninggalkan sebuah web :
  • Web sulit digunakan.
  • Homepage tidak menjelaskan tentang apa yang ditawarkan oleh perusahaan dan apa saja yang dapat dilakukan oleh pengguna pada web tersebut.
  • Pengguna mendapatkan adanya kesalahan pada web.
  • Informasi web sulit dibaca dan tidak mampu menjawab pertanyaan-pertanyaan pengguna.
Evaluasi Heuristik
Kajian terhadap antarmuka levelupshop.com akan dilakukan dengan metode evaluasi heuristik. Menurut Nielsen (1994), evaluasi heuristik adalah metode yang digunakan untuk menemukan masalah pada desain antarmuka. Evaluasi heuristik melibatkan beberapa evaluator untuk memeriksa antarmuka dan membandingkannya dengan prinsip-prinsip usabilitas (heuristik).
Menurut Nielsen, ada sepuluh prinsip heuristik yang dapat digunakan, yaitu :
  • Match between system and the real world : Sistem harus ‘berbicara’ dalam bahasa yang biasa digunakan oleh pengguna. Kata,frasa, dan istilah yang digunakan mengikuti kebiasaan yang ada.
  • Visibility of system status : Sistem harus dapat menginformasikan kepada pengguna tentang apa yang terjadi pada system.
  • Consistency and standards : Pengguna tidak harus berpikir apakah kata, situasi, dan aksi yang berbeda ternyata memiliki arti yang sama.
  • User control and freedom : Pengguna kadang memilih pilihan yang salah dan memerlukan opsi ‘emergency exit’. Pengguna dapat keluar dari keadaan akibat pilihan yang salah tersebut tanpa perlu melewati kegiatan tambahan lainnya.
  • Error prevention : Sistem didesain sehingga mencegah pengguna melakukan kesalahan dalam penggunaan system. Bisa dilakukan dengan menggunakan pilihan konfirmasi.
  • Recognition rather than recall : Membuat objek, aksi, dan pilihan yang ada visible (jelas).
  • Aesthetic and minimalist design : Dialog seharusnya tidak mengandung informasi yang tidak relevan atau tidak terlalu diperlukan.
  • Flexibility and efficiency of use : Permudah pengguna untuk melakukan kegiatannya dengan lebih cepat.
  • Help and documentation : Sistem menyediakan bantuan dan dokumentasi yang berisi informasi tentang penggunaan system.
  • Help users recognize, diagnose, and recover from errors : Pesan kesalahan harus dijelaskan dalam bahasa yang jelas, menjelaskan masalah dan memberikan solusi.
Dalam posting berikutnya akan di analisis sebuah situs yang bernama levelupshop.com
Levelupshop adalah sebuah website penjualan yang menyediakan penjualan berupa Console, Accesorries, Spare Parts, Games, dan jasa Services. Kita disini dapat memilih barang-barang yang kita inginkan dengan cukup mudah. Disini juga di fasilitasi langsung dari segi Online dan Offline untuk bertanya-tanya. Kita juga dapat melakukan pembayaran melalui banyak cara. Dibalik kelebihannya ternyata terdapat kekurangan yang terdapat di website ini.