Kampus Ku

Jun 26, 2010

Kajian Usability Levelupshop.com (part 2)


Tugas ini terdiri menjadi beberapa bagian: (levelupshop.com)

Evaluasi Heuristik Poin 1 – 5



1. Macht between system and the real world
Bahasa
Bahasa yang digunakan levelupshop adalah bahasa Indonesia dan bahasa Inggris.

Masalah:

Levelupshop sering mencantumkan kata yang tidak baku pada bahasa Indonesia.
Solusi:
Kurangi penggunaan kata yang tidak baku pada bahasa Indonesia.
2. Visibility of system status

Tautan

Feedback yang menunjukkan tautan pada levelupshop sudah cukup baik. Text tautan dibedakan dengan text non-tautan dengan cara memberi warna hitam . Saat posisi kursor berada pada tautan, tautan otomatis berubah dan kursor berubah.

Navigasi

Saat kursor menuju menu navigasi, menu yang bersangkutan akan diberi pembeda berupa sebuah rectangle bewarna hitam. Hal ini membantu pengguna mengidentifikasi menu navigasi apa yang sedang ia tunjuk.
Masalah:
Masalah muncul saat menampilkan halaman aktif.  Penanda halaman aktif menghilang. Bagi pengguna yang kurang bisa mengingat, dia akan lupa sebelumnya telah memilih bagian yang mana.

Solusi:
Sebaiknya penanda tidak di hilangkan, sehingga kita tau sekarang kita berada di bagian mana. Dengan memberikan tanda pada halaman yang sedang aktif, pengguna dapat mengetahui dengan mudah posisi halaman tempat ia berada saat ini.
3. Consistency and standards

Navigasi

Berikut adalah menu navigasi utama yang ada di levelupshop:

Masalah:
levelupshop ternyata tidak menggunakan 1 bahasa saja, terdapat Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris. Sebenarnya website ini di tujukan untuk user di Indonesia, apa untuk negara luar juga?. Karena didalamnya terdapat ke tidak konsistenan bahasa yang di gunakan.
Solusi:
Gunakan bahasa yang seragam. Tidak campuran.
4. User control and freedom
Pilihan pembatalan
Pada saat kita ingin melihat barang yang kita anggap menarik, dan kita ingin membatalkan untuk melihat barang itu dan memilih barang yang lain, terdapat masalah,

Masalah:
Terlihat jelas, navigasi CLOSE X menghilang dalam beberap detik, bagi kita yang tidak jeli, kita bakal bingung bagaimana, cara keluar dari gambar itu, dan memilih barang yang lain.
Solusi:
Untuk keluar dari gambar tersebut dan memilih barang baru, ternyata mudah sekali. Yaitu dengan mengklik kursor ke arah luar gambar. Namun seharusnya navigasi CLOSE X itu tetep ada dan tidak menghilang, sehingga tidak membuat user bingung mencari cara keluar dari gambar tersebut dan mencari barang yang baru.
5. Error prevention
Error prevention pada suatu antarmuka berfungsi untuk mencegah pengguna melakukan suatu kesalahan saat menggunakan suatu situs.

Konfirmasi kata sandi

Masalah:
Pada saat registrasi, jika password dan re-type password tidak sama. levelupshop tidak membuat konfirmasinya secara langsung. Konfirmasi di buat setelah kita menekan tombol registrasi.
Solusi:
Seharusnya levelupshop pada bagian Password dan re-type password, apabila password yang kita tulis tidak sama, di bagian bawahnya langsung memberikan tanda, bahwa passwordnya tidak sama. Karena apabila kesalahan itu baru di beri tahu setelah menekan "register" itu akan membuat cape usernya untuk mengetik kembali passwordnya.

4 comments:

windyw said...

masalah konsistensi bahasa sepertinya 'sangat lazim' dialami website2 indonesia.. alangkah baiknya bila setiap website dapat lebih konsisten agar tidak membuat pengunjung website tersebut bingung..

with smile ^^,
-windy widowati-
windyw07.student.ipb.ac.id

please comment at :
martabakmanisku.blogspot.com

Amanda said...

banyak banget scrollnya,
menurut saya aga repot ya kalo misalnya ada fungsi beli barang namun tidak ada fungsi membatalkannya.

http://amandak07.student.ipb.ac.id/

Amanda Karatika Hubeis said...

banyak banget scrollnya,
menurut saya aga repot ya kalo misalnya ada fungsi beli barang namun tidak ada fungsi membatalkannya.

http://amandak07.student.ipb.ac.id/

Erna Piantari said...

Simbol lingkaran hitam yang ada segitiga panah di samping menu utama itu sebenarnya ga bisa d klik kan????
Tapi simbol itu kaya yang bisa diklik....
Mungkin simbol itu ingin menunjukan bahwa yang ditunjuk segitiga putih itu bisa dipilih, tapi epertinya tombol itu ga usah ada saja,soalnya pengunjung memang sudah biasa dengan menu utama diatas seperti itu tanpa ada petunjuk apapun.