Kampus Ku

Feb 28, 2010

(+) and (-) Mozila Firefox



Sebelumnya pada artikel saya Browser Interface. Kebanyakan comment2 dari anak-anak ilkom mengarah Mozila Firefox adalah browser terbaik saat ini. Untuk itu saya akan menjelaskan beberapa penilaian dari segi kelebihan dan kekurangan dari Mozila Firefox. 

Mozilla Firefox adalah sebuah brwoser yang nyaman dan mudah digunakan memiliki fitur canggih seperti integrated search toolbars and tabbed browsing. Kelebihan utama dibandingkan browsers lainnya, adalah fitur sekuriti dan privacy tools, termasuk popup blocking and selective image and cookie loading. Dengan fitur-fitur ease of use, stability, and security talah menjadikan Mozilla Firefox dalam waktu singkat sebagai favorit dan dibahas oleh media terkemuka seperti USA Today, Forbes magazine and the Wall Street Journal's Walter Mossberg. Pada dasarnya, karena Mozila Firefox merupakan aplikasi yang berjalan di sistem operasi dengan fokus pada kemudahan berselancar di internet, maka ada beberapa hal yang bisa disebut sebagai kelemahan.

1. Tabbed Browsing

(+) Menyimak lebih dari satu Web Page dalam satu jendela yang menghemat waktu dan meningkatkan useabiliti. Membuka links di latar belakang dan ready untuk disimak bila Anda ingin membacanya.
(-) Namun akan memakan memori yang cukup besar, apalagi bila kamu membuka banyak tab atau windows sekaligus. Komputer yang memiliki sedikit kapasitas RAM didalamnya akan dengan mudah habis. Karena itu banyak pengguna yang berusaha mengakalinya dengan menginstall versi terdahulu yang lebih ramah dalam penggunaan memori, dengan resiko lebih tidak stabil dan lebih banyak bugs daripada versi terbaru

2. Popup Blocking

(+) Menyetop popup reklame menggunakan Firefox's built in popup blocker.
(-) Tidak memiliki pertahanan yang cukup bagus terhadap serangan popup bila kita membuka website dengan banyak popup, yang bisa menggangu kenyamanan browsing. Bayangkan bila banyak popup yang muncul di depan layar monitor komputer kamu, pastinya bikin sebal dan jengkel bukan? Walau mengklaim memiliki teknologi yang dapat memblokir pop-up dan pop-under, namun masih ada juga website yang berhasil untuk menyelipkan popup ketika kita berselancar di dunia maya.

3. Add-Ons atau Plugins
















(+) disamping membuat hidup lebih mudah dengan adanya Add-Ons atau Plugins dalam Mozila Firefox.
(-) rupanya tambahan fitur ini menjadikan browser ini tidak stabil. Karena beberapa Add-Ons atau Plugins tidak dibuat dengan baik oleh developernya, sehingga bisa menyebabkan crash pada komputer. Belum lagi, apabila Mozila Firefox versi terbaru di install. Fitur dari Add-Ons atau Plugins terkadang tidak compatible apabila dipasang.




(+) Google Search, Kaskus Search, terintegrasi dikanan atas toolbar, dan tersedia plethora untuk search tools lainnya, termasuk Keywords dan find toolbar baru. Jadi kita tidak perlu repot repot ke halaman google atau masuk ke forum kaskus terlebih dahulu.
(-) Adanya keterbatasan tampilan, Jika pada halaman google kita dapat melihat banyakny huruf/angka sebanyak 53 buah, namun pada Smarter Search hanya 43 huruf yang terlihat

5. Privacy and Security













(+) Dibangun berdasarkan pendekatan sekuriti, Firefox memperhatikan agar komputer Anda lebih aman dari spyware dengan cara tidak mengaktifkan ActiveX controls yang mudah dicemari. Menyediakan sejumlah tools untuk privacy yang membuat aktifitas bisnis Anda lebih nyaman.
(-) Tetapi ada sejenis virus yang menginfeksi komputer yang biasanya ditujukan untuk mencuri data-data komputer yang diinfeksi dengan memanfaatkan kelemahan jaringan yang ada di tempat kamu yang disebut Malware. Kamu harus menginstall anti-spyware, firewall dan antivirus untuk dapat benar-benar aman dari serangan hacker di internet.

Kesimpulan:
Kelemahan Mozila Firefox memang banyak, tapi juga punya segudang kelebihan. So, jangan heran kalo tiba-tiba Mozila Firefox kamu bermasalah atau nggak bisa digunain. Namanya juga software gratisan. 

No comments: